Hujan Air Mata Sambut Jenazah Deno Kamelus di Ruteng

0

RM88,00FM, Ruteng: Jenazah mantan bupati Manggarai, NTT periode 2016 – 2021, Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H., tiba di kediamannya di Carep, Langke Rembong pada Rabu sore, 7 April 2021 pukul 18.00 Wita. Saat tiba di Ruteng, ribuan warga Manggarai yang telah menunggu sejak siang hari tak kuasa menahan tangis. Warga sedih dan histeris. Mengelu-elukan kepergian sosok yang memimpin Manggarai sebagai wakil bupati selama 10 tahun dan sebagai bupati selama 5 tahun.

Mantan dosen Ilmu Hukum Universitas Nusa Cendana (Undana) ini meninggal dunia di ruangan ICU Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo pada Selasa malam 6 April 2021. Keesokan harinya, keluarga bersama pemerintah kabupaten Manggarai Barat dibawah pimpinan wakil bupati Yulianus Weng menghantar jenazah almarhum ke Ruteng.

Sesaat setelah Wabub Weng secara resmi menyerahkan jenazah kepada keluarga dan pemerintah kabupaten Manggarai, rangkaian acara adat kematian Manggarai dilakukan, seperti tuak kapu dan Ela haeng nai.

Wabub Yulianus Weng yang pernah menjabat sebagai kepala dinas kesehatan kabupaten Manggarai selama Deno Kamelus memimpin mengaku sangat kehilangan.

“Secara pribadi saya sangat merasa kehilangan dengan almarhum. Begitu juga masyarakat Manggarai Barat. Beliau ini orang hebat. Saya banyak belajar beliau tentang kerja dan politik. Kami sering berdiskusi, bahkan sampai berjam-jam,” ungka Weng kepada sejumlah wartawan.

Di tempat yang sama, Viktor Madur, pasangan Deno Kamelus selama 5 tahun memimpin Manggarai mengaku sangat kehilangan atas kepergian sosok pemimpin pengayom dan berprestasi.

“Beliau sosok pengayom. Selama 15 tahun memimpin, baik sebagai wakil bersama bapak Christian Rotok maupun sebagai bupati, bisa dilihat, bisa dirasakan banyak keberhasilan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Madur.

Madur mengaku, selama menjadi wakil bupati dari Deno Kamelus, tidak pernah ada gesekan dalam pembagian tugas dan kerja kepemimpinan. Keduanya semata-mata fokus bekerja untuk kesejahteraan masyarakat Manggarai.

Tokoh lain yang menyambut Deno Kamelus di Carep adalah mantan bupati Manggarai periode 2000-2005 Antony Bagul Dagur. Menurutnya, Kamelus adalah sosok pemimpin yang berprestasi dan dekat dengan masyarakat.

“Saya merasa sangat kehilangan tokoh yang memang dicintai. Selama memimpin ia telah mendapatkan berbagai penghargaan. Termasuk berhasil mendapatkan predikat WTP dari BPK. Artinya, Deno Kamelus mampu mengelolah keuangan daerah dengan baik. Ia termasuk sosok pemimpin yang cerdas dalam mengambil keputusan,” ungkap mantan bupati Anton.

Reporter & editor: Ino Jemadu

Share.

About Author

Leave A Reply