Peringati HPN, Jurnalis Manggarai Kunjungi Wartawan yang Menderita Stroke

0

RM88,00FM, Ruteng: Peringati Hari Pers Nasional (HPN) pada Selasa, 9 Februari 2021 jurnalis Manggarai yang tergabung dalam Forum Jurnalis Manggarai (FJM) mengujungi Alex Haman di Cancar Kec. Ruteng, salah satu wartawan senior di Manggarai yang sedang sakit. FJM menyerahkan 100 kg beras dan sejumlah uang yang terkumpul dari donasi belasan anggota FJM.

Alex Jehaman merupakan salah satu jurnalis senior Manggarai. Ia telah mengabdi sebagai jurnalis sejak 1984. Selama puluhan tahun ia bekerja di beberapa perusahaan media, seperti: Pos Kupang, Majalah Mingguan Buzer, Media Suksesi Indonesia, NTT Express, dan Tabloid Suara Manggarai Raya. Pengabdiannya di dunia jurnalistik terhenti sejak 2015 hingga sekarang karena sakit stroke.

Dalam keadaan sakit, Alex yang kini berusia 57 tahun harus menghidupi seorang istri dan 4 orang anak. Beruntung, sang istri bisa sedikit membantu perekonomian keluarga dengan bekerja sebagai cleaning service di RS St. Rafael Cancar. Soal kunjungan FJM, Alex mengapresiasi dan berterimakasih.

“Adik-adik, tentu saja saya bersama istri dan keluarga sangat berterimakasih dengan kehadiran adik-adik semua. Ketulusan, kekompakan, dan persatuan insen pers di Manggarai Raya harus terus di jaga dan dipupuk. Pers harus selalu siap menjadi tiang penyangga demokrasi, corong suara rakyat, dan memastikan Manggarai lebih baik dari hari ke hari,” ungkap Alex mensuport rekan-rekan jurnalis yang masih aktif.

Jurnalis MetroTV Yohanes Masye, salah satu anggota FJM yang sempat hadir dalam kunjungan ini mengatakan, kunjungan ini merupakan bentuk rasa solider diantara pekerja pers, baik yang masih aktif maupun teman-teman yang berjasa membesarkan pers di Manggarai ,termasuk salah satunya bapak Aleks Haman.

“Walaupun sudah tidak aktif menulis karena stroke, tapi om Aleks masih memantau perkembangan pers di Manggarai. Yang pasti beliau sangat menginginkan insan pers tetap kritis dan independen dan tetap menjadi penyambung lidah yang baik, antara masyarakat dan pemerintah,” kata Yohanes.

Di tempat yang sama, Jurnalis TV One dan Viva News Jo Kenaru mengajak rekan-rekan jurnalis agar terus menjadi bagian tak terpisahkan dari fungsinya sebagai alat kontrol perjalanan demokrasi dan menjadi energi positif dalam kebangkitan ekonomi.

“Pers hari ini sebagai garda depan menjernihkan kekacauan informasi untuk mencerahkan masyarakat.

Pers berfungsi melawan penyebaran hoaks, dan ujaran kebencian yang mengancam kemajuan berpikir.

Di tengah pandemi pers harus memberi energi optimisme untuk kebangkitan ekonomi,” ungkap Jo.

Selain mengunjungi Alex, FJM juga menyempatkan diri nyekar di makam dua senior jurnalis di Manggarai yakni mantan jurnalis RCTI Rofino Kant dan Enok Tangur.

Reporter & Editor: Ino Jemadu

Share.

About Author

Leave A Reply